Breaking

Minggu, 10 Desember 2017

Tips Belajar Melodi Gitar

Gitar adalah sebuah alat musik yang sangat terkenal dan sangat banyak peminatnya. Banyak hal yang bisa lakukan dengan memainkan alat musik ini. Meskipun nampak simple dan sederhana, musik yang dimainkan alat musik ini mempunyai daya tarik tersendiri karena banyak sekali teknik yang bisa kita ciptakan dengan alat musik gitar. 

Biasanya orang memainkan gitar hanya dengan sebuah genjrengan atau petikan, tetapi sebetulnya masih banyak hal yang bisa kita lakukan dengan gitar ini, misalnya dengan sebuah harmoni, melody, dan lainnya. 


Ilustrasi Bermain Melodi Gitar

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana tips atau cara belajar bermain melody gitar. Ada 6 tips yang diberikan dibawah ini yang bisa Anda  terapkan untuk belajar melodi. Sebenarnya cara belajar melodi gitar bisa dibilang susah susah gampang. Susah saat pertama kali memulainya dan gampang jika kita sudah mengetahui triknya.

Untuk mempersingkat waktu, sebaiknya Anda langsung membaca 6 tips berikut ini:

1. Menyiapkan Gitar dan Diri Anda 

Alat yang harus anda siapkan terlebih dahulu adalah gitar. Boleh gitar biasa, atau lebih baik menggunakan gitar elektrik/listrik, bisa juga dengan menggunakan efek gitar stompbox atau efek digital lainya. Persiapkan juga mental dan fisik pada diri anda.

Pastikan anda mempunyai mental baja ingin bersungguh-sungguh dalam belajar bermain melodi gitar. Siapkan juga fisik anda dan jangan lupa potong kuku-kuku pada jari kiri anda. Karena jika kuku anda panjang maka anda akan kesulitan bermain melodi gitar dengan baik. 

2. Tunning Gitar 
Pastikan gitar sudah disetem atau tuning Standar. Tuning gitar standar adalah E A D G B E (senar atas ke bawah). 

3. Teknik Up Down Stroke 
Dalam bermain melodi cepat dan rumit, para gitaris menggunakan teknik up down stroke. Pertanyaanya adalah apa itu Teknik Up Down Stroke. 

Teknik ini adalah teknik memetik senar gitar dengan menggunakan pick/kuku dengan cara memetik ke atas dan memetik ke turun. 

Jika biasanya anda hanya memetik senar kebawah. maka mulai dari sekarang ubahlah dengan memetik senar dengan cara naik turun. Dijamin dengan teknik ini kita akan lebih mudah memainkan melodi gitar. 

4. Menggunakan Tab Gitar 
Tab gitar sendiri adalah sebuah tabulasi atau lebih tepatnya sebuah catatan angka dan tulisan yang mengisyaratkan anda untuk memainkan nada-nada tertentu. Jika pada alat musik piani/organ terdapat Notasi balok, maka di gitar kita mempunyai Tab Gitar. 

5. Teknik Hammering dan Sliding 
Teknik hammering adalah teknik memainkan melodi dengan cara menggeser jari anda dari fret satu ke fret lainya dengan cepat. 

Slide atau Sliding adalah teknik tangan kiri dengan cara digeser saat memainkannya. Suara yang dihasilkan hampir sama dengan hammer on dan pull off dan perbedaannya adalah cara permainannya yang digeser ke samping menuju nada yang lebih tinggi (meningkatkan suara nada), kemudian meluncur ke bawah kembali (menurunkan pitch suara nada atau nada normal).

Selain hammering dan sliding ada juga  pull of, teknik vibrato, harmonic dan lainnya. 

6. Skala Gitar 
Poin ke enam atau yang terakhir dan mungkin yang terpenting untuk menguasai segala macam melodi gitar adalah belajar, menguasai dan menggunakan Skala Gitar. 

Scale, apa itu scale? Bagaimana menggunakannya dalam lagu? Pertanyaan seperti ini sering sekali ditanyakan para calon gitaris dalam belajar memperdalam solo gitar. Saat ini scale sering dianggap sesuatu yang besar bahkan seorang gitaris yang hebat dinilai dari penguasaannya terhadap scale serta variasi teknik lainnya. Lalu pentingkah belajar scale dalam bermain gitar? 

Scale atau skalah bisa dibilang adalah interval atau jarak dengan rumus tertentu. Ada ribuan variasi scale yang ada di dunia gitar dan Anda tentu tidak perlu menghafalnya satu persatu. Mengapa? Karena hanya membuat Anda bertambah bingung. Contohnya kelompok scale Hindu Raga, Japanese Scale, Arabian Scale, Jewish, Oriental, Chinese, Balinese, Pelog, Greek, dll. 

Lalu apa guna dari scale-scale itu? Scale pada dasarnya hanya membantu Anda melakukan fingering secara benar. Scale yang dikenalkan sekarang adalah produk instan yang sudah dikristalkan menjadi sebuah konsep musik yang diharapkan mudah untuk dipahami. 

Pada kenyataannya untuk para pemula yang baru belajar, ini membuat mereka tergantung dengan pola-pola tertentu dan mulai membatasi kreativitas mereka.

Demikian tulisan tentang Tips Belajar Melodi Gitar, semoga bermanfaat bagi pembaca. Tulisan di atas masih jauh dari sempurna. Segala saran dan masukan kami harapkan dari sobat pembaca. Terima kasih.