Breaking

Selasa, 19 Desember 2017

Cara atau Tips Perawatan Gitar Akustik Kesayangan Biar Tetap Awet

Tentunya para sobat pembaca, bila punya barang kesayangan pasti berusaha menjaga dan merawat barang kesayangan. Tak terkecuali, bila sobat pembaca punya gitar kesayangan. 
Nah...pada kesempatan ini kita akan mencoba memberikan tips atau cara perawatan gitar agar bisa tetap awet dan genjreng tentunya. Jangan kita hanya mau memakainya saja, tetapi juga harus meluangkan waktu barang sedikit untuk merawatnya. 

Photo Ilustrasi : Perawatan Gitar

Seperti apa kira-kira cara atau tips merawat gitar kesayangan yang benar, berikut ini langsung disimak aja tipsnya. Ikuti saja langkah-langkah perawatan gitar ini yang sebenarnya cukup mudah dilakukan, berikut penjelasan untuk sobat pembaca:

1. Gunakan atau Pakai Tempat Gitar atau Guitar Case

Langkah pertama ini sangat mudah dilakukan yaitu dengan memakai Tempat Menyimpan Gitar atau sering juga disebut dengan Guitar Case. Usahakan jika sudah digunakan sebaiknya taruh gitar pada tempatnya guna meminimalkan kemungkinan terjadi kerusakan yang tidak diinginkan seperti cepat kotor karena debu atau sebagainya. 
Ya dengan menggunakan case sebagai tempat menyimpan gitar dapat melindungi gitar tersebut dari lecet atau benturan-benturan pastinya. 

Ada dua tipe case gitar yang dapat digunakan misalnya Soft Case dan Hard case. Biasanya soft case terbuat dari kain yang tebal, sedangkan untuk hard case sendiri dapat terbuat dari kayu atau bahan plastik yang kuat untuk melindungi gitarnya.

2. Bersihkan Senar Gitar

Cara kedua yaitu selalu meluangkan waktu untuk membersihkan senar-senar gitar secara berkala, karena jika terjadi karatan yang membandel maka akan merusak senar gitar itu sendiri. 
Usahakan membersihkan senar setelah dipakai dengan menggunakan lap atau pembersih khusus senar. Dan untuk membersihkan body gitar bisa digunakan kain yang lembut supaya tidak merusak cat atau body gitar.

3. Kendorkan Senar Gitar

Mengendorkan senar gitar dilakukan apabila gitar tidak dipakai lagi dengan waktu yang cukup lama. Jika tidak maka akan menyebabkan bengkoknya neck atau stang gitar. Walau kemungkinannya kecil namun tidak ada salahnya dilakukan untuk berjaga-jaga.

4. Bersihkan Fretboard
Selanjutnya adalah membersihkan Fretboard, usahakan fretboard selalu dalam keadaan bersih setelah dimainkan karena fretboarad adalah tempat yang biasanya cepat kotor dan sering terkena debu. Jika dibiarkan terlalu lama kotor akan menimbulkan kerak kotoran dan akan merusak umur gitar secara perlahan. 
Cara membersihkan fretboard adalah ketika Anda akan mengganti senar gitar, jadi lebih efisien dalam membersihkannya secara menyeluruh.

5. Mengganti Senar Gitar

Berikutnya adalah jika Anda sudah menggunakan atau bermain gitar untuk waktu yang cukup lama, usahakan selalu mengganti senar gitar tersebut. 
Jika ada tanda-tanda seperti berkarat atau senar mulai tidak enak didengar sebaiknya mulailah mengganti dengan senar gitar yang baru. 
Pastikan juga keadaan semua senar tersebut dalam kondisi bagus. Kalau hanya salah satu senarnya saja yang perlu diganti, ya diganti saja. Tapi apabila semua senar terdapat tanda-tanda harus diganti, mungkin lebih baik mengganti semua senarnya sekaligus.

6. Jangan Sering Meminjamkan Gitar Kesayangan

Langkah ke enam atau yang terakhir ini sebenarnya tindakan pencegahan saja. Bukan mau mengajari pelit, tetapi hanya meminimalisir kemungkinan kerusakan yang bisa terjadi apabila barang dipinjamkan. Memang tidak ada salahnya meminjamkan gitar, tetapi pinjamkanlah gitar kepada teman-teman yang bisa dipercaya saja.
Itu dia sobat pembaca, cara atau tips merawat gitar kesayangan biar awet. Semoga ulasan mengenai Perawatan Gitar Akustik di atas bermanfaat bagi para pembaca, dengan memulai dan menjalankan perawatan yang sangat simple sebenarnya, namun kadang sering kita abaikan.

Nantikan tips-tips lainnya yang masih berkaitan dengan informasi seputar gitar pada kesempatan lainnya. Sekian dulu, terimakasih. Salam bahagia!