Breaking

Kamis, 23 November 2017

Belajar Cara Menyetem Chord Gitar Dengan Mudah

Cara menyetem kunci gitar ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu antara lain dengan cara menyetem dengan tuning standar, kemudian menyetem gitar dengan menggunakan tuner (efek gitar maupun aplikasi dari android), dan yang terakhir mencocokan dengan instrumen lain, serta juga bisa menggunakan teknik harmonik.

Semua cara menyetem gitar tersebut bisa kamu gunakan pada instrumen gitar akustik, gitar elektrik, atau bahkan juga bisa kamu gunakan pada instrumen lainnya seperti kencerung, ukulele, maupun bass.



Photo Ilustrasi menyetem Gitar
ikut penjelasannya lebih detail :

Cara Menyetem Gitar Manual

Sebenarnya metode ini sangatlah mudah untuk dilakukan, akan tetapi pada kenyataannya sering kali menyebabkan para pemula kebingungan. Mengapa bisa demikian ?

Karena kita harus melatih pendengaran kita dan kepekaan terhadap nadanya.

Tekan senar 6 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
Tekan senar 5 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
Tekan senar 4 pada fret ke-5 kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
Tekan senar 3 pada fret ke-4, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
Tekan senar 2 pada fret ke-5, sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.


Gimana ? Sangat mudahkan menyetem gitar dengan cara manual ? Kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah di atas. Akan tetapi faktor terpentingnya adalah pendengaran. Kamu harus mendengarkan nada yang keluar dengan sangat teliti.

Cara Menyetem Gitar dengan Tuning Standar

Mengapa harus menggunakan tuning standar ? Karena tuning banyak sekali digunakan gitaris dan umumnya lagu-lagu yang beredar di pasaran menggunakan steman standar seperti ini.

Lalu bagaimana caranya menyetem supaya tuning kita menjadi standar tanpa menggunakan alat bantu seperti tuner ini ? Langkah yang paling mudah adalah dengan mencocokan secara langsung dengan lagu yang telah kita dengar.

Dalam hal ini, carilah dan kemudian dengarkan lagu yang intro atau awalnya dimulai dari chord E. Karena dengan chord tersebut kita dapat mengetahui nada E tanpa dipetik atau nada open string.

Band yang sering menggunakan chord E sebagai chord awal lagunya adalah Peterpan, seperti pada lagunya yang berjudul Mimpi yang Sempurna, Tak Bisakah, Bintang di Surga.

Cobalah kamu dengarkan salah satu lagu tersebut dan dengarkan chordnya yang pertama. Setelah mendengarkannya, langsung saja samakan nadanya dengan senar 6 pada gitar kamu. Bila sudah sama maka langkah selanjutnya bisa menggunakan cara seperti yang sudah dijelaskan pada cara menyetem manual di atas.

Cara Menyetem Gitar dengan Instrument lain

Mencocokkan dengan instrument lain ini biasanya terjadi ketika kita masuk ke dalam studio. Kadang setelan nada gitar kita berbeda dengan instrument yang lainnya. 


Bagaimana caranya agar nadanya menjadi sama ?

Nah, kamu bisa mencocokkannya dengan suara instrument lain. Misalnya adalah dengan keyboard. Tidak hanya gitar saja, ketika kalian bermain bass juga dapat menggunakan cara ini ketika kamu berlatih bersama-sama dengan timmu.

Itulah beberapa cara untuk menyetem kunci gitar, kamu bisa belajar dengan cara otodidak dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan di atas.