Breaking

Kamis, 09 November 2017

7 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membeli Gitar Akustik

Barangkali ada diantara sobat pembaca yang berencana mau membeli gitar, khususnya gitar akustik. 

Berikut ini Bilhd.com menyarankan kepada pembaca untuk mengetahui 7 hal berikut di bawah ini sebelum membeli gitar akustik. Silahkan disimak sobat.



Gitar Akustik

1. Gitar Akustik Nylon Vs String
Hal yang paling mendasar adalah pemilihan jenis gitar. Ada dua jenis gitar yang perlu kamu ketahui, yaitu gitar akustik nylon dan string.

Gitar akustik nylon adalah gitar yang umumnya digunakan untuk komposisi lagu klasik. Gitar jenis ini lebih dominan di suara petikan dan melodi.

Sedangkan gitar akustik string memiliki suara yang lebih renyah ketika digenjreng. Gitar jenis ini sering digunakan oleh para musisi karena lebih bisa menyatu dengan instrumen lain.

Jika passion kamu di musik klasik, maka lebih baik pilih gitar akustik nylon. Oleh karena itu, minat sangat menentukan pemilihan jenis gitar.


2. Perhatikan Kualitas Body Gitar

Pemilihan jenis bahan yang digunakan sebagai body gitar sangat berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan. Kayu yang cukup tebal akan memperindah resonansi gitar, namun juga akan terasa berat ketika dibawa.

Sebaliknya, bahan kayu yang tipis akan membuat suara gitar jadi cempreng dan kurang mantap. Biasanya gitar dengan bahas kayu tipis lebih cocok untuk perempuan.
Cobalah untuk meperhatikan keseluruhan body gitar, apakah memiliki cacat di bagian tertentu atau tidak. Gitar akustik memiliki sensitivitas yang tinggi, karena itu cacat di bagian tertentu akan mempengaruhi kejernihan suara.
Ukuran body juga penting. Jika kamu lebih suka gitar dengan keseimbangan dan jangkauannya bagus, gitar berbody besar merupakan pilihan yang cocok.

3. Pilih Jumlah Fret Yang Paling Banyak

Jumlah fret atau kolom pada gitar berpengaruh terhadap playability kamu. Semakin banyak jumlah fretnya, maka semakin leluasa kita memainkannya.
Umumnya jumlah fret dalam sebuah gitar akustik adalah dua belas hingga tujuh belas. Pilih gitar dengan jumlah fret banyak agar gitar bisa menjangkau nada tinggi.
Jangan lupa untuk mencoba menekan fret satu persatu. Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya fals atau buzzing yang sangat mengganggu.
Gitar dengan jangkauan fret yang luas akan memudahkan kamu untuk bermain melodi.

4. Pilih Neck Yang Lurus

Seringkali gitar terasa kaku dan berat ketika ditekan. Jarak antara senar dengan fret terlihat jauh.
Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh neck yang bengkok. Oleh karena itu pastikan neck gitar yang kamu incar itu lurus.
Gitar akustik yang baik umumnya memiliki trust rod, atau besi penyangga yang terdapat didalam neck. Tanyakan apakah gitar pilihanmu memilikitruss rod yang utuh atau tidak.
Truss rod juga bisa disetting secara manual dengan menggunakan kunci L kecil. Lubang untuk menyetem truss rod terdapat di pangkal gitar, dekat dengan tabung body.

5. Pilih Ukuran Senar Yang Sesuai

Pemilihan senar akan erat kaitannya dengan kenyamanan pengguna. Lazimnya, senar bawaan dari gitar produksi pabrik sudah cukup baik.
Pastikan senar yang dipilih tidak memiliki goresan ataupun cacat lainnya. Cacat ini nantinya akan menimbulkan suara yang cukup mengganggu.
Jika ingin membeli senar cadangan, pastikan ukurannya sama dengan senar asli dari gitar tersebut. Senar yang tebal akan cocok untuk gitar berbody besar karena daya tahan body dan necknya kuat.
Pemasangan senar yang tidak sesuai akan memungkinkan terjadinya senar putus atau bahkan neck melengkung. Oleh karena itu, sesuaikan ukuran senar dengan body gitar.

6. Pilih Model dan Warna Sesuai Selera

Selera setiap orang berbeda-beda. Karenanya, kamu bisa memilih model dan warna yang cocok untuk kamu.
Pemilihan model dan warna gitar ini sangat subyektif, jadi sesuaikan dengan keinginan kalian masing-masing. Yang jelas, perhatikan kualitasnya terlebih dahulu sebelum memilih model atau warna.
Perhatikan detail finishing pada keseluruhan bagian gitar. Pastinya kalian tak mau ada cacat bawaan pabrik di gitar kalian.
Pemilihan model nantinya akan berimbas kepada kenyamanan kalian dalam memainkan gitar. Jika bermain dengan nyaman, pasti akan membawa mood bagus dalam bermusik.

7. Sesuaikan Dengan Anggaran atau Budget

Hal ini menjadi salah satu yang paling esensial. Kebanyakan gitar akustik yang bagus memang mahal, berkisar 1,5 hingga puluhan juta rupiah.
Gitar dengan bahan dan kualitas bagus hampir pasti memiliki harga mahal. Akan tetapi, harga gitar yang mahal belum tentu sesuai dengan yang kamu butuhkan.
Sesuaikan budget kamu untuk mendapat gitar yang benar-benar cocok. Jangan terburu-buru, kalau budget belum cukup kamu bisa menabung dulu.
Atau kamu bisa memilih alternatif lain, yaitu dengan membeli gitar handmade atau custom. Meski kalah dari segi brand, gitar akustik custombisa jadi pilihan kalau memang budget kamu terbatas.
Jadi sobat pembaca mau pilih yang mana? Pilihan berada di tangan anda, The choice is yours