Breaking

Sabtu, 08 Juli 2017

Tips Belajar Main Gitar Buat Pemula

Hai sobat pembaca, pengen ya bisa main gitar kayak teman-teman kamu yang sudah pandai.

Nah disini kamu bisa belajar main gitar dari Nol lho. Asalkan kamu punya tekad dan kemauan, pasti kamu cepat bisa deh, tapi harus sabar ya belajarnya. Kalo kamu tekun belajarnya dan rajin berlatih dengan baik dan teratur pasti kamu tidak akan mengalami kendala yang berarti agar bisa main gitar.

Bagaimana supaya bisa main gitar?

Saya diperkenalkan gitar oleh ayah saya, ya kira-kira sekitar kelas 5 SD. Dari situ saya mulai belajar memainkan gitar sendiri, meskipun susah tapi latihan rutin yang menjadi modal saya untuk belajar gitar, dan akhirnya tidak perlu waktu berbulan-bulan saya sudah bisa mengiringi lagu, meskipun sedikit saja yang bisa saya iringi, tapi disitu saya puas dengan latihan rutin saya bisa membuahkan hasil. Dan sampai saat ini saya selalu menggeluti dunia gitar, mencoba hal-hal baru, dan kini saya sedang belajar di bidang fingerstyle.

Ilustrasi photo belajar main gitar (google)


Itu cerita singkat saya. Lalu apa saja tips-tips nya? Disini saya akan berikan tips-tips saya buat para pemula dalam belajar gitar. Tips-tips ini merupakan menurut pengalaman yang saya alami. Jadi, akan berbeda kalau anda belajar di kursus-kursus gitar.

Selamat belajar Sobat….


1. Pelajari Nada


Nada adalah unsur utama dalam musik. untuk nada dasar seperti doremifasolasido, pasti sudah banyak yang tahu, minimal anda bisa tahu dan hafal suara nada tersebut. Kalau anda mempelajari nada-nada tingkat lanjut akan lebih baik kedepannya, tapi saya tidak merekomendasikan. Itu terserah anda saja. Kita disini mulai dari yang dasar-dasar saja dulu.


2. Pelajari Kunci dasar




Gambar diatas adalah kunci-kunci dasar. Kunci dasar ada A,B,C,D,E,F,dan G. mungkin anda bingung membaca gambar tersebut. akan saya jelaskan


Nah dengan gambar ini, akan saya jelaskan. perhatikan tanda nomornya
no.1 adalah untuk jari telunjuk
no 2. adalah untuk jari tengah
no 3. adalah untuk jari manis
no 4. adalah untuk jari kelingking


untuk angka satu yang berada diatas, maksudnya adalah nomor satu dihitung dari fret paling ujung.
Untuk kunci F dan B ada kunci yang tebal/panjang, itu berarti satu jari untuk menutup senar lebih dari satu.
Sampai disini anda bisa menghafal dan mencobanya, coba untuk berpindah-pindah ke lain kunci agar jari bisa terbiasa. Anda juga bisa memainkan sedikit lagu. Jika jari anda terasa sakit jangan dipaksakan, karena jari belum terbiasa.


3. Pelajari Kunci tingkat lanjut

Kunci tingkat lanjut ada kunci #, b(mol), minor, dll. Dan masih ada lagi yaitu kunci tegak, tapi kita belajar tingkatan yang dasar-dasar dulu. Anda bisa mencari di google, saya berikan contohnya. Untuk membacanya sama dengan tips kedua.

keterangan :


A adalah kunci A mayor
Am adalah kunci A minor
begitu juga berikutnya


4. Latihan dengan Lagu

Sampai tahap ini anda harus sudah hafal kunci-kuncinya, minimal hafal kunci mayor dan minor. Ada banyak situs penyedia chord lagu, seperti ultimate-guitar , chordfrenzy , kordkita ,dll.
Anda bisa memilih lagu-lagu yang mudah dulu, kalau sudah terbiasa, anda bisa memainkan lagu yang lebih energik dan lebih mengandung banyak kunci.


5. Latihan Teratur

Ini yang menjadi modal terbesar. Seberapa besar pengetahuan tentang gitar, tapi tidak pernah latihan juga tidak bakalan bisa. Tapi, jika kita sering latihan dan mencoba hal-hal baru meskipun ilmunya pas-pasan, perlahan kita akan tahu dan mendapatkan banyak ilmu. Saya sendiri mengalaminya, meskipun belajar sendiri, tapi dengan modal latihan teratur, akhirnya bisa juga.

Nah, itu langkah-langkah jitu buat kamu yang kepengen banget bisa bermain gitar…Good Luck yah sobat.