Breaking

Kamis, 03 November 2016

Selain Menyegarkan Tubuh, ini 4 Manfaat Renang untuk Kesehatan Otak

Bilhd.comBerenang bisa dibilang menjadi salah satu jenis olahraga yang menyegarkan dan menyenangkan. Olahraga yang menuntut semua otot tubuh untuk bergerak ini memberikan bonus yaitu kekuatan dan kekencangan otot tubuh. Selain itu sebuah penelitian yang dilansir dari medicaldaily.com menemukan bahwa berenang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan otak.

Penasaran? Berikut adalah penjelasannya.


Ilustrasi berenang. Shutterstock/Ikonoklast Fotografie

Meningkatkan aliran darah ke otak
Aliran darah yang baik ke otak membantu untuk meningkatkan memori, suasana hati, dan tingkat kefokusan seseorang. Sebuah penelitian di tahun 2014 menemukan bahwa membenamkan tubuh ke kolam bisa membuat aliran darah ke otak meningkat sebesar 14%. Sedangkan aliran darah ke arteri serebral posterior meningkat sebesar 9%.


Merangsang produksi hormon di otak
Berenang mampu membuat otak melepaskan hormon endorfin yang bermanfaat untuk mengelola stres dan kecemasan serta memperbaiki suasana hati. Sehingga kamu pun akan terhindar dari depresi.

Meningkatkan kemampuan mengingat
Berenang akan menggantikan neuron atau sel otak yang hilang. Ketika sel otak tersebut tidak lengkap, maka bisa mengganggu kemampuan otakmu dalam mengingat. Selain itu gangguan di hippocampus otak akibat neuron yang rusak juga bisa membuat seseorang rentan terkena depresi.

Meningkatkan kemampuan motorik
Gerakan yang kamu lakukan saat berenang akan menumbuhkan serabut saraf di corpus callosum yang bertugas untuk menghubungkan otak kanan dan otak kiri. Ketika kedua bagian otak ini bergerak secara bersamaan, maka akan menyebabkan peningkatan kemampuan motorik.

Berenang nyatanya tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan namun juga memberikan manfaat positif untuk otak. Ditambah dengan kebiasaan berpikir secara positif, maka tubuh akan menjadi bugar luar dan dalam.


Sumber: merdeka.com