Breaking

Rabu, 05 Oktober 2016

10 Tips untuk Membuat Anak Anda Lebih Percaya Diri

Bilhd.com - Kepercayaan diri harus ditanamkan pada anak-anak sejak dini. Rasa kurang percaya diri dapat membuat anak-anak lebih banyak diam dan mengurung diri. 


Bagi orang tua menanamkan rasa percaya diri pada anaknya menjadi salah satu pekerjaan rumah yang sulit. Beberapa tips yang dilansir parenting.com ini mungkin dapat membantu.

Ilustrasi keluarga (Thinkstock/Purestock)

1. Jangan pernah tertawakan ide mereka
Sama seperti orang dewasa, anak kecil juga ingin ditanggapi dengan serius. Ketika merasa diejek atau ditertawakan mereka juga akan merasa marah dan tidak akan mau berbagi ide lagi karena takut ditertawakan. Anak kecil melihat dunia dengan cara yang berbeda dari pandangan kita orang dewasa. Maka penting bagi kita untuk terus mendengar dan mengapresiasi ide mereka dengan serius.

2. Ajak pergi ke kondisi sosial tak biasa
Satu-satunya cara untuk membentuk sebuah level kenyamanan adalah dengan mengalami ketidaknyamanan.

3. Ajari anak untuk bermain alat musik
Tak hanya dapat menghilangkan stres ada anak, bermain alat musik juga dapat meningkatkan harga diri. 

4. Libatkan anak di dapur
Kebanyakan anak memang lebih tertarik dengan makan dibanding proses membuat makanan itu sendiri. Coba ajak anak anda memasak misal untuk menyiapkan sarapan. Belajar membuat makanan sendiri, lalu menikmatinya bersama anggota keluarga lain juga bisa memberinya rasa kebanggaan akan produk yang ia buat sendiri.

5. Rayakan kesuksesan mereka
Tak perlu pesta atau perayaan pemberian piala. Berikan anak pujian-pujian ketika mendapat keberhasilan. Berikan mereka pengertian bahwa perlu usaha ekstra untuk menghasilkan manfaat, agar tertanam dalam diri mereka bahwa mereka mampu berbuat hal besar dan hasil dari usaha kita akn membayar semua proses yang dilalui.

6. Biarkan mereka mengajarkan kita sesuatu
Buat mereka merasa mengetahui apa yang tidak kita tahu. Ajak mereka untuk berbagi cerita dengan kita dan orang lain. Tak mustahil mereka akan bercerita dengan percaya diri dan kepala tegak.

7. Nyalakan kreativitasnya
Banyak orang yang merasa dirinya tidak kreatif karena mereka tidak pernah meyakinkan diri mereka. Coba pancing daya kreativitas anak seperti dengan cara: ketika anda membacakan sebuah cerita, berhenti sejenak dan biarkan anak menebak apa yang akan terjadi. Pertanyaan sederhana itu bisa membangunkan bagian otak.

8. Tunjukkan kepercayaan diri pada tindakan Anda
Kita adalah panutan dari anak kita. Jika kita tidak percaya diri, bagaimana akan menanamkan nilai itu pada anak kita?

9. Biarkan mereka berbicara masalah yang dihadapi
Pendekatan dengan anak sangatlah penting. Amati gerak-gerik anak yang tak biasa. Tanyakan alasan mereka dan coba pecahkan masalah bersama. Hal ini juga akan menambah rasa aman pada anak.


10. Biarkan mereka gagal
Menerima kesuksesan memang mudah, namun lain halnya untuk menerima kegagalan. Ajarkan anak untuk tidak mudah menyerah meskipun gagal berkali-kali. Dengan merasa kegagalan, anak akan terpacu untuk belajar dan bekerja lebih giat lagi. (ded/cnnindonesia.com)