Breaking

Jumat, 02 September 2016

Tips Sederhana Agar Para Wanita Terhindar dari Kanker Payudara

Bilhd.com - Kanker payudara memang jadi momok menakutkan bagi sebagian besar wanita. Bahkan mendengar kata "kanker" saja, pasti kita sudah bergidik. Ya, jadi hal wajar memang kalau kita ingin selalu sehat dan tak terserang penyakit menakutkan sepanjang hidup.

Untuk terhindar dari kanker payudara, jelas kita perlu melakukan sejumlah tindakan pencegahan. Dilansir dari boldsky.com, ada empat tips paling dasar dan sederhana yang bisa kita ikuti agar terhindar dari kanker payudara. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.


Cukupi Kebutuhan Vitamin D Tubuhmu

Dapatkan cukup sinar matahari pagi setiap harinya. Cukupi kebutuhan vitamin D tubuhmu. Menurut Science Daily, vitamin D bisa melindungi kita dari kanker payudara dengan menghasilkan suatu protein yang dapat mencegah sel-sel kanker payudara berkembang. 

Konsumsi Sayuran dari Keluarga Cruciferous

Sayuran dari keluarga cruciferous, seperti kol dan brokoli bisa melindungi tubuh dari risiko kanker payudara karena bisa menurunkan kadar estrogen dalam tubuh yang punya pengaruh dalam pertumbuhan tumor. Selain itu, kandungan isotiosianat dalam brokoli bisa mendetoksifikasi hati dan bisa membantu mengeluarkan karsinogen (zat yang dapat menimbulkan kanker dalam jaringan hidup).

Olahraga Rutin

Arnold School of Public Health di University of South Carolina menyebutkan bahwa olahraga ringan bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara. Olahraga bisa memperlancar sirkulasi oksigen dalam darah dan mengalirkan cukup oksigen dalam sel-sel darah untuk mengeluarkan racun-racun penyebab kanker.

Jangan Pakai Bra 24 Jam Sehari

Penggunaan bra terlalu lama bisa menghambat aliran limfa dalam jaringan payudara yang bisa menghalangi proses pembersihan alami. Sejumlah penelitian yang berkaitan dengan penggunaan bra menunjukkan sejumlah hasil mengejutkan. Salah satunya adalah bahwa wanita yang tak pakai bra secara umum berisiko kecil terkena kanker payudara.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa wanita yang memakai bra 24 jam setiap hari punya risiko 3 kali lipat lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang memakai bra kurang dari 12 jam per hari. 


Jadi, memang sebaiknya penggunaan bra perlu dibatasi. Selain itu, pastikan juga bra yang dipakai memang pas, tidak terlalu ketat juga tak terlalu kedodoran.

Empat tips di atas memang tips paling dasar sebagai tindakan pencegahan dari terkena penyakit kanker payudara. 


5 Gejala Kanker Payudara Yang Perlu Kamu Kenali Sejak Dini

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang bisa dibilang paling banyak diderita oleh kaum hawa saat ini. Tak hanya menyerang orang dewasa, beberapa waktu yang lalu, seorang gadis kecil juga telah didiagnosa kanker payudaradi tubuhnya. Sebagai salah satu penyakit mematikan, kanker payudara memang sangat berbahaya. Selama ini, gejala kanker payudara atau kanker lainnya sendiri tidak mudah dikenali keberadaannya.

Tapi kamu jangan khawatir Ladies. Selama kamu peka dan jeli ketika ada perubahan di tubuh terutama di payudara, kanker payudara bisa dideteksi sejak dini dan dilakukan pengobatan yang terbaik. Dikutip dari laman healthline.com, setidaknya ada 5 gejala kanker payudara yang perlu kamu tahu keberadaannya sejak dini. Gejala tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Warna Payudara Berbeda

Gejala paling umum yang terjadi ketika seseorang berisiko terkena kanker payudara adalah warna kulit payudara berbeda. Bagi mereka yang sehat dan normal, kulit payudara akan seperti kulit tubuh lainnya. Tapi, jika ada gejala kanker, tidak jarang warna kulit akan menjadi kemerah-merahan atau bahkan kecokelatan seperti memar. Selain itu, kulit juga tidak semulus sebelumnya. Gejala kanker akan membuat kulit payudara menjadi lebih kasar, seperti kulit jeruk dan terlihat seperti ada ruam atau memar.

Gatal Pada Payudara

Setiap orang mungkin pernah merasakan gatal pada payudara. Gatal ini bisa terjadi karena Bra atau pakaian yang dikenakan tidak bersih sehingga menyebabkan gatal. Tapi, tidak menutup kemungkinan gatal ini adalah salah satu gejala dari kanker payudara. Gatal yang terjadi terus menerus tanpa sebab jelas, kemungkinan besar adalah salah satu gejala kanker payudara. Jika kamu mengalami hal ini, jangan sungkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya.

Nyeri Hebat di Punggung Dan Payudara

Gejala selanjutnya yang perlu kamu tahu dari kanker payudara adalah nyeri hebat di punggung dan payudara. Bahkan, nyeri ini bisa saja saling berkesinambungan antara satu dengan lainnya. Beberapa sahabat juga kerabat yang terjangkit kanker payudara mengatakan jika nyeri yang dirasakan akan membuat tubuh lemah, tidak nafsu makan dan selalu muncul jika tubuh lelah. Nyeri ini juga sering kali membuat punggung maupun payudara berasa seperti terbakar.

Benjolan di Payudara

Inilah gejala paling umum dari kanker payudara. Dan asal kita tahu, hampir semua kanker ditandai dengan adanya benjolan di tubuh. Jika kamu merasakan ada benjolan di tubuh terutama di payudara dan rasanya sakit, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Beberapa benjolan mungkin tidak berbahaya, tapi, beberapa lagi mungkin adalah kanker atau tumor ganas.

Keluar Cairan Dari Payudara

Jika kamu menemukan cairan keluar dari payudara sementara kamu sedang tidak mengandung, cobalah untuk lebih waspada dan peka Ladies. Beberapa ahli kanker menyebutkan jika gejala awal kanker payudara adalah keluarnya cairan dari dalam payudara. Cairan itu bisa berupa cairan seperti air, seperti lendir atau seperti nanah.

Itulah beberapa gejala kanker payudara yang perlu kamu tahu sejak dini. Agar terhindar dari risiko kanker payudara, pastikan untuk memiliki pola hidup yang sehat, olahraga yang cukup dan minum air putih yang banyak. Hindari menggunakan bra yang terlalu ketat atau bra berkawat. Hindari pula makan makanan yang banyak mengandung bahan penyedap, pengawet serta bahan kimia lain.

Segera periksakan diri ke dokter jika kamu menemukan keanehan pada payudara kamu. Ketika mengetahui risiko kanker sejak dini, hal ini akan lebih memudahkan kamu untuk sembuh dan terbebas dari kanker. Semoga kesehatan yang maksimal selalu menyertai kita semua.