Breaking

Selasa, 13 September 2016

Tips atau Cara Agar Surat Lamaran Kerja Anda Langsung Diterima



Bilhd.com, - Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup adalah dokumen penting yang memberikan penjelasan singkat tentang diri seseorang, mulai dari pendidikan, keahlian, hingga pengalaman kerja yang dimiliki. 

Oleh karena itu, penulisan CV yang tepat sangatlah penting demi menciptakan kesan pertama yang baik di mata perekrut. 

Agar perusahaan langsung melirik CV Anda, berikut tips menulis CV yang menarik dan efektif seperti yang dituturkan oleh Chalifatunissa, HR Senior di Experd Consultant.





Ilustrasi Foto: Thinkstock


1. Perhatikan Format Penulisan

Penulisan CV harus rapi dan mudah dibaca. Rapi di sini dalam artian tidak ada kesalahan penulisan atau typo dan dibuat dengan tulisan yang mudah dibaca.

"Tulisan yang mudah dibaca menggunakan huruf dan ukuran yang proporsional. Font huruf standar yang digunakan dalam pembuatan CV adalah Times New Roman dan Arial, ukuran hurufnya 10 hingga 12 dan berjarak spasi 1,5," jelas Chalifatunissa saar diwawancarai Wolipop melalui e-mail, Senin (5/9/2016).

2. Tidak Berwarna-warni

Wanita lulusan S-1 jurusan Psikologi Universitas Tarumanagara itu menyarankan untuk tidak membuat CV terlalu berwarna, kecuali Anda memang memiliki profesi yang berhubungan dengan seni dan desain. Membuat CV terlihat berlebihan cenderung akan memberikan kesan tidak formal dan kurang cocok pada perusahaan yang Anda lamar serta ada kemungkinan akan menjatuhkan citra Anda dimata pemberi kerja.

3. Informasi Lengkap

Dalam menulis CV, hendaknya sertakan informasi lengkap tentang diri Anda mulai dari keahlian yang dimiliki, pengalaman, deskripsi tentang diri Anda, hingga referensi orang yang dipercaya. Informasi yang didapat secara lengkap akan memudahkan perekrut menilai Anda sebelum melakukan panggilan kerja. Tulislah informasi yang jujur dan akurat agar perusahaan percaya pada Anda.

4. CV Ringkas dan Jelas

CV yang ringkas dan jelas lebih berpotensi untuk dilirik perekrut sehingga mereka dengan mudah mengetahui siapa Anda dan apa tujuannya. CV yang terlalu panjang membuat perekrut merasa tidak tertarik dan membosankan.

5. Prestasi yang Relevan

Beberapa perekrut akan memerhatikan dengan seksama prestasi-prestasi Anda yang pernah diraih. Namun yang perlu diingat, cantumkanlah prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang dituju, hal itu akan menjadi nilai tambah yang baik untuk perusahaan saat melihat CV Anda.

6. Ikuti Persyaratan dari Perekrut

Setiap perekrut atau perusahaan memiliki persyaratan tersendiri dalam mencari pelamar kerja. Wanita yang akrab disapa Nissa itu menganjurkan untuk mengikuti persyaratan tersebut. CV yang telah sesuai format biasanya akan menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih Anda sebagai kandidat potensial.