Breaking

Senin, 06 Juni 2016

Suka Belanja di Online Shop? Ini Kamusnya

Belanja di toko online atau online shop memang mengasyikan. Kini, pembeli di toko online bukan cuma wanita. Sejumlah pria ternyata juga doyan belanja di online shop loh.


Beberapa online shop, terkadang menggunakan istilah atau singkatan yang tidak kita ketahui. Jika anda orang baru dalam online shop, maka kalian harus tahu hal ini. Hati-hati, malu bertanya sesat di jalan. Jangan sampai batal bertransaksi gara-gara salah mengerti dengan istilah-istilah asing di online shop.


                                                                      Ilustrasi online shop


Untuk mempermudah transaksi online shop anda, di postingan kali ini akan membuat daftar istilah dan singkatan yang sering digunakan di online shop. Berikut ulasannya.

1. PO alias Pre-Order adalah barang belum tersedia di gudang, tapi sudah dibuka untuk pemesanan. Barang PO ini biasanya impor. Kalau sudah memesan barang PO, berarti Anda harus meneguhkan diri untuk tidak membatalkan pesanan. Sebab, biasanya Anda diminta untuk mentransfer DP atau down payment untuk barang yang dipesan. Jangka waktu untuk barang PO biasanya datang sekitar dua minggu. Mau beli barang PO, harus siap kesabaran dan kepercayaan tingkat tinggi.

2. WS adalah Wholesale atau Grosir.

3. Full payment adalah pembayaran penuh, atau LUNAS.

4. Supplier adalah sebutan untuk orang yang memberikan pasokan barang pada para penjual. Mereka adalah tangan pertama dalam rantai penjualan.

5. Seller dalam bahasa Indonesia artinya adalah penjual. Mereka ini adalah para pemilik online shop.

6. Reseller adalah sebutan untuk penjual yang menjualkan barang orang lain, bukan dari supplier. Biasanya dari tangan ke-3 dan seterusnya.

7. Customer sama dengan buyer, ini adalah sebutan untuk para pembeli.

8. Booked No Cancel artinya kalau sudah bilang booked, berarti kamu sudah memesan dan JADI beli barang itu. jangan sudah booked terus malah batal.

9. Hit and Run adalah istilah untuk calon pembeli yang sudah booked dan menjanjikan akan kirim transfer via bank pada tanggal dan jam yang sudah dijanjikan tapi calon pembeli itu tak kunjung memberi kabar sampai lebih dari 12 jam. Nah, aturan ini biasa diberlakukan agar calon pembeli benar-benar serius dalam membeli barang.

10. Shipping/Ongkir artinya Ongkos Kirim. Biaya pengiriman dari tempat penjual ke pembeli. Biaya ini ditanggung oleh pembeli.

11. Dropship. Ini istilah buat mereka yang menjadi reseller, tapi barangnya tidak ada di tangan reseller. Pengiriman barang dilakukan langsung oleh supplier, dengan nama reseller.

12. Ready Stock artinya persediaan tersedia. Jadi, barang yang dijual sudah ada di tangan penjual. Jika transaksi mencapai kata sepakat, maka barang bisa langsung dikirim.

13. Sold Out artinya Terjual. Sudah tak ada harapan lagi membeli barang-barang tersebut kalau sudah ada keterangan sold out. Jadi tak usah ditanya pun pasti sudah tak ada lagi stoknya.

14. Restock artinya Stok ulang. Jadi barang yang tadinya udah sold out di restock lagi. Restock ini belum tentu ada tiap bulannya dan tiap barangnya. 

15. Trusted artinya terpercaya. Jadi, penjual ini bisa dipercaya. Nah, trusted seller biasanya punya testimonial asli dari para pelanggannya.