Breaking

Minggu, 05 Juni 2016

Seorang Kakek Berusia 96 Tahun Pecahkan Rekor Jadi Sarjana Tertua Sedunia

Shigemi Hirata berusaha bertahun-tahun untuk memperoleh gelar sarjana seni. Perjuangan sang kakek 96 tahun akhirnya tercapai bulan lalu.

Hirata resmi memperoleh ijazah dari Universitas Kyoto untuk bidang Seni Kriya. Sang kakek uzur ini membuat tugas akhir berupa olahan keramik.


Shigemi Hirata. ©2016 Merdeka.com/CBS


Kantor Berita AFP melaporkan, Sabtu (4/6), Hirata lahir di Hiroshima pada 1919. Dia sangat terkenal di kampus, karena baru mendaftar kuliah selepas pensiun. Saat memutuskan kuliah, Hirata sudah memiliki empat cucu.

Akibat faktor usia, Hirata perlu waktu cukup lama untuk menyelesaikan studinya. Setidaknya dia butuh 11 tahun meraih gelar sarjana. Namun selama itu, kawan-kawan di kampus membantunya belajar atau mengerjakan tugas.

"Saya merasa kembali muda berkumpul bersama para mahasiswa," ujarnya.

Pencapaian Hirata diakui oleh lembaga rekor Guinness. Pria yang sudah pernah mengikuti Perang Dunia II ini rupanya berencana lanjut sekolah.

"Apabila saya diberi umur hingga lebih dari 100 tahun, maka tak ada salahnya saya lanjut ke sekolah pascasarjana," kata Hirata.

Jepang termasuk negara dengan populasi lansia terbanyak di dunia. Ada 59 ribu penduduk, diperkirakan berusia lebih dari 100 tahun.

Alhasil, cukup banyak orang berusia lanjut di Negeri Matahari Terbit yang melakukan hal-hal unik yang dulunya tak bisa mereka lakukan semasa muda.

Tahun lalu misalnya, Mieko Nagaoka, nenek berusia 100 tahun, memecahkan rekor renang gaya bebas 1.500 meter.