Breaking

Sabtu, 14 Mei 2016

Tiga Jenis Blogger Menurut Teori McClelland (Theory of Needs)

Saat sedang membuka-buka kembali materi-materi training jadul bersama salah satu kawan kantor, tanpa sengaja kami menemukan teori motivasi yang digagas oleh seorang psikolog Amerika Serikat bernama David C. McClelland. 

McClelland adalah seorang penulis dan akademisi terkenal. Dalam bukunya yang bertajuk The Achieving Society, McClelland memperkenalkan sebuah teori yang dikenal dengan nama Theory of Needs.

Teori mengenai motivasi manusia ini kemudian digunakan dan dikembangkan dalam ilmu sosial dan manajemen kontemporer. 




Menurut Theory of Needs ini, setiap orang pada dasarnya memiliki tiga jenis motivasi kerja dalam dirinya, yaitu :
1.Motivasi untuk berprestasi (Need of Achievement, n-Ach), 
2.Motivasi untuk memiliki otoritas/kekuasaan (Need of Power, n-Pow), dan 3.Motivasi untuk berafiliasi (Need of Affiliation, n-Affil). 

Budaya, lingkungan, keadaan sosial ekonomi serta pengalaman hidup setiap orang kemudian membuat salah satu jenis motivasi akan mendominasi dan membentuk karakter orang yang bersangkutan.

Penjelasan ringkas ketiga tipe motivasi tersebut sebagai berikut: 

Need of Achievement


Orang-orang bertipe ini mudah termotivasi dengan tantangan kerja yang diberikan kepadanya. Misalnya pencapaian target. Pikiran orang-orang n-Ach selalu terarah untuk mengolah sumber daya yang dimilikinya serta menghitung resiko dan peluang untuk mencapai targetnya. Mereka senang melihat progress dari pekerjaan atau proyek yang sedang mereka lakukan. Jika berada pada posisi bawahan, mereka mengharapkan penilaian dan masukan secara berkala terhadap tugas yang mereka lakukan. Jadi cara memotivasi orang-orang tipe ini adalah dengan memberi mereka tantangan untuk memancing prestasi mereka, lalu beri reward yang sepadan dengan prestasi mereka. 

Need of Power


Sementara itu,  orang-orang bertipe n-Pow lebih termotivasi jika diberi otoritas atau kekuasaan. Mereka senang berada pada posisi atasan dan menggunakannya untuk mempengaruhi orang lain. Mereka juga menikmati status-status tertentu yang diberikan kepadanya. Memimpin tim, memberi perintah dan memenangkan perbedaan pendapat adalah typical mereka. Cara membangun motivasi orang-orang tipe ini adalah dengan memberi mereka otoritas dan bila perlu iklim persaingan untuk dimenangkan.

Need of Affiliation 


Budaya gotong royong dan kekeluargaan sudah ditanamkan pada generasi demi generasi bangsa ini sejak dahulu. Oleh karena itu, banyak orang Indonesia yang tergolong ke dalam tipe ini. Orang-orang dengan tipe n-Affil akan termotivasi dengan penerimaan dan hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarnya. Mereka lebih suka berkolaborasi dibanding berkompetisi. Mereka memilih mengorbankan kepentingan pribadi demi mencapai kepentingan bersama. Cara memotivasi mereka adalah membuat mereka merasa diterima dalam tim dengan membangun suasana kerja yang hangat. 

Pengetahuan mengenai Theory of Needs ini penting untuk para pemimpin yang ingin menggerakkan timnya. Mereka harus mengenal dengan baik karakter setiap anggota tim agar mampu memberikan pendekatan motivasi yang sesuai.

Lantas apa hubungannya dengan Blogger? 


Nah, tulis menulis itu juga sebuah pekerjaan yang membutuhkan motivasi. Penulis khususnya blogger juga membutuhkan pendorong agar mampu terus melahirkan karya demi karya.  Jadi jika menyambung teori McClelland ini, ada tiga jenis blogger berdasarkan motivasi menulisnya. 

Need of Achievement Blogger 

Kemungkinan besar, blogger yang cukup sering memenangkan kompetisi blogging adalah tipe blogger yang satu ini. Menulis adalah cara mereka mengalahkan tantangan yang diberikan kepadanya. Tulisan mereka detail, tajam dan dalam sehingga menimbulkan kesan mereka tidak main-main dengan karyanya. Mereka pandai mengolah data, bahkan dari referensi yang tidak umum, untuk menguatkan tulisannya. 

Need of Power Blogger 

Nah, blogger tipe ini selalu berusaha menanamkan pengaruhnya kepada banyak orang. Mereka memiliki banyak follower dan dikelilingi oleh orang-orang yang selalu mendukung gagasannya. Mereka senang beradu argumen. Oleh karena itu tulisan mereka selalu terlihat meyakinkan. Mereka memiliki banyak wawasan. Mereka pandai menghubung-hubungkan fakta untuk mendukung opininya sekaligus menyerang orang-orang yang bertentangan dengannya. 

Need of Affiliation Blogger 

Blogger dengan tipe ini seringkali tampil seperti trademark sebuah komunitas. Mereka selalu hadir dalam perbincangan-perbincangan lepas atau pada saat kawan-kawan blogger membahas topik tertentu. Mereka rajin menyambangi artikel kawan yang lain, entah untuk memberi komentar atau sekedar “tanda” kehadiran. Mereka tidak selalu muncul sebagai bintang, tetapi orang akan merasa ada yang hilang jika blogger tipe ini tidak hadir. Mereka lebih senang menulis hal-hal yang ringan, yang disenangi banyak orang dan jauh dari potensi konflik. 

Tentu tiga tipe motivasi di atas ada pada diri kita masing-masing. Namun pasti ada satu tipe yang mendominasi atau lebih sering jadi penggerak kita menulis. Setelah “meraba-raba” diri sendiri, lihat juga kawan-kawan blogger yang lain.Mereka termasuk tipe yang mana? Kita bisa membuat perkiraan dengan melihat tulisan-tulisan yang pernah mereka tayangkan. Memahami tipe mereka bisa membantu kita berelasi dengan lebih baik, sekalipun hanya lewat dunia maya. (Pical Gadi).