Breaking

Kamis, 05 Mei 2016

Sering Dibilang Sok Ngatur, Anak Sulung Itu Lembut Hatinya

Bilhd.com - Apakah kamu terlahir sebagai anak sulung? Jadi anak sulung memang ada suka dukanya sendiri. Mungkin kamu sering dibilang bawel atau sok ngatur. Atau bahkan adik-adikmu menganggap kamu terlalu kolot dan kuno karena tak memberi mereka kebebasan yang mereka mau.


Meski kamu sering dibilang sok ngatur, sebenarnya hatimu lembut dan kamu juga orang yang ramah. Dan ini bukan omong kosong belaka. Dilansir dari pulpastic.com, ada sejumlah penelitian yang membuktikan kalau anak sulung itu sebenarnya punya banyak kelebihan. Selengkapnya, langsung saja deh ikuti infonya di sini.


1. Anak Sulung Bisa Diandalkan Menjaga Keluarga

Menurut Jeffrey Kluger, penulis The Sibling Effect, anak sulung bisa mengikuti arahan orang tuanya lebih baik dibandingkan adik-adiknya yang lain. Sehingga anak sulung bisa diandalkan untuk menjaga adik-adiknya dan mampu memahami arti tanggung jawab sekalipun masih kecil.

2. Anak Sulung Itu Kompetitif Juga Bertanggung Jawab
Para psikolog Belgia dalam sebuah penelitian tahun 2003 menyimpulkan bahwa anak sulung cenderung punya karakter yang bertanggung jawab, kompetitif, dan konvensional. Tapi mereka juga bisa menyesuaikan diri dengan baik untuk bisa tetap terlihat ceria, kooperatif, dan sesekali iseng pada situasi tertentu.

3. Anak Sulung Punya Potensi Jadi Pemimpin

Sejak kecil sudah dilatih untuk menjaga adik. Dari kecil sudah diberi sejumlah pesan dan tugas tambahan dari orang tua. Hal ini secara tidak langsung membangkitkan potensimu jadi seorang pemimpin. Meskipun kamu sering dicap ambisius tapi justru itulah caramu untuk sukses dalam karier dan bidang lainnya.

4. Secara Statistik, Anak Sulung Lebih Pintar
Menurut sebuah penelitian di Norwegia tahun 2007, anak sulung rata-rata IQ-nya 2,3 poin lebih tinggi dibandingkan adik-adiknya. Salah satu faktornya adalah karena anak sulung punya kecenderungan "mengajari" adik-adiknya dalam kegiatan belajar atau mencari informasi.

5. Anak Sulung Itu Juga Bisa Lembut Hatinya

Dalam sebuah penelitian tahun 2015 disebutkan bahwa anak sulung itu lebih perhatian, patuh, dan tak gampang mengalami gangguan mental. Sehingga seorang anak sulung pun bisa lembut hatinya dan punya perhatian yang besar pada adik-adik dan orang di sekitarnya.


Tapi semua balik lagi pada pribadi masing-masing, ya pembaca. Karakter seorang anak sulung bisa berbeda satu sama lain. Karena faktor pembentuk kepribadian itu bisa sangat beragam mulai dari faktor bawaan hingga lingkungan.

Yang penting lagi entah kamu terlahir sebagai anak sulung atau bukan, tetap jalani hidupmu dengan baik. Lakukan yang terbaik dan jadilah orang yang bisa bermanfaat untuk orang lain, khususnya untuk orang tua dan keluargamu. (vemale.com)