Breaking

Senin, 25 April 2016

Jenis-jenis Gitar dan Harga Gitar

Bilhd.com Jenis-jenis gitar yang ada di dunia ini memang sudah sangat berkembang sejak diciptakan pada awal dulunya. Dari mulai yang paling klasik sampai yang canggih pun ada. Semua itu tentunya tak lepas dari fungsi utama gitar yang menghasilkan nada-nada yang harmoni serta indah. Dari modelnya, bahan pembuatannya dan juga karakter suaranya pun juga sangat bervariasi. Oleh karena itu, pemilihan jenis gitar yang sesuai dengan karakter musik anda itu sangat penting supaya anda lebih optimal dalam memainkannya.

Di pasaran, jenis-jenis gitar dapat kita jumpai dengan mudah. Bahkan di Indonesia pun juga banyak pembuat berbagai jenis gitar tersebut dengan kualitas yang tentunya tak kalah dengan produksi luar negeri. 




Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis yaitu:


1. Gitar Akustik, untuk gitar akustik terdapat Gitar Akustik Semi Elektrik

2. Gitar Elektrik, untuk gitar elektrik ini juga terdapat Gitar Elektrik Semi 
    Akustik


.Untuk saat ini saya membagi jenis jenis gitar menjadi 4 kelompok, yaitu gitar akustik, gitar elektrik, gitar akustik elektrik, gitar klasik.

Jenis jenis gitar


1. Gitar akustik



Kita mulai dari gitar yang sangat banyak sekali penggemarnya yaitu gitar akustik. 

Gitar akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.


Gitar ini disukai banyak orang karena memang harganya yang murah dan paling mudah digunakan atau dipakai. Gitar akustik terbuat dari bahan triplek dan kayu kemudian bentuknya yang memiliki sebuah tabung besar sehingga tanpa pengeras suara pun gitar ini mampu mengeluarkan suara yang keras.

Gitar ini juga sangat cocok untuk pemula maupun yang sudah mahir sekalipun. Dengan menggunakan gitar akustik dapat mengisi waktu luang untuk santai sambil bermain gitar dan bisa juga bersama teman-teman anda. Apalagi jika dilengkapi seperangkat alat musik akustik lainnya, pasti akan sangat mengasyikkan. Untuk harga gitar ini bervariasi, dari yang kualitasnya rendah harganya dibawah 500 ribu, sedangkan untuk yang kualitas tinggi bisa anda dapatkan dengan harga 1,5 juta keatas. 

Gitar Akustik Semi Elektrik


Gitar akustik semi elektrik, sebenarnya gitar ini adalah pengembangan dari gitar akustik sendiri yang dirubah atau dimodifikasi menjadi gitar akustik semi elektrik, yang membedakan dari gitar akustik ini adalah hanya pada Pickup nya saja yaitu pengeras suara yang ada dalam gitar akustik elektrik dengan fasilitas equalizer yang dapat diatur dan memiliki layar led, kita bisa menghubungkan gitar ini dengan pengeras suara sehingga fungsinya sama dengan gitar elektrik, namun meskipun tidak menggunakan pengeras suara, gitar ini tetap dapat berbunyi keras seperti gitar akustik pada umumnya, berbeda dengan gitar elektrik yang jika tanpa pengeras suara tidak dapat berbunyi keras seperti gitar akustik. Untuk harga gitar ini memiliki harga antara 1,5 juta sampai 2,5 jutaan, tidak berbeda jauh dengan gitar akustik biasa. Dan gitar akustik elektrik yang paling diminati sekarang ini adalah gitar Yamaha Tipe Fx310 dan APX 500 II.


2. Gitar elektrik



Jenis jenis gitar selanjutnya yaitu gitar elektrik. Gitar elektrik diperkenalkan pada tahun 1930an. Gitar ini terbuat dari bahan kayu solid sehingga memang cukup berat jika dibandingkan gitar akustik. Di dalam gitar elektrik terdapat berbagai macam spare part dengan fungsi tertentu. Salah satunya yaitu pickup yang berfungsi untuk menangkap suara getaran dari senar. Dengan gitar elektrik maka kita bisa mendapatkan berbagai macam jenis suara menggunakan efek tertentu misalnya efek distorsi, overdrive, chorud dan lain sebagainya.

Untuk jenis gitar yang satu ini memang cocok untuk yang sudah mahir bermain gitar. Banyak sekali jenis gitar elektrik yang ada di pasaran dari berbagai produsen misalnya Gibson, Ibanez, Fender, Schecter, dll. Harga gitar elektrik juga cukup mahal mengingat spare part yang digunakan memang bermacam macam. Untuk gitar custom atau replika biasanya antara 1-2 juta, sedangkan untuk gitar yang original berkisar antara 3-10 juta.

Gitar elektrik semi akustik




Gitar yang memiliki ukurang seperti gitar akustik tetapi tidak memiliki lobang ditengahnya karena menggunakan pickup yang tertanam dalam gitar yang sama dengan gitar listrik. Harganya bervariasi antara 1,5-2 juta. Dan ada juga sampai 4 juta.


Baiklah sobat pembaca, itulah Jenis-Jenis Gitar secara umum yang dapat kami sampaikan. Masing-masing jenis-jenis gitar tersebut di atas memiliki karakter suara yang berbeda-beda sehingga dapat anda sesuaikan dengan selera anda. Demikian artikel tentang jenis jenis gitar, semoga menambah wawasan anda tentang gitar.