Breaking

Senin, 18 April 2016

Ingin Menjadi Orang Pintar, Terapkan 10 Kebiasaan Ini


Memiliki otak yang cerdas adalah dambaan semua orang. Tidak jarang banyak orang melakukan banyak hal agar dapat meningkatkan kepandaiannya. Mulai dari cara yang sederhana sampai ada yang menghabiskan dana yang cukup banyak.

Sebenarnya istilah orang pintar dan orang bodoh itu tidak ada, yang adalah orang malas dan orang rajin.

Seseorang dikatakan pintar adalah orang yang berhasil mengatasi rasa malasnya untuk belajar dan mau berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kepandaian diperoleh bukan dengan cara yang instan tetapi melalui berbagai proses juga. Berikut adalah hal-hal yang dapat membuat anda pintar.

1. Biasakan untuk membaca







Membaca adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi. Dengan membaca kita akan sering melatih otak kita untuk bekerja dalam memahami isi bacaan yang kita baca. Semakin banyak anda membaca semakin banyak wawasan dan ilmu baru yang anda peroleh.


2. Saat menonton TV pilihlah acara yang mendidik







Televisi adalah media informasi yang sering kita jumpai tiap harinya. Menonton televisi sudah menjadi gaya hidup sebagian orang baik itu di kota maupun di desa. Malahan sekarang ini televisi atau informasi sudah merupakan suatu kebutuhan. Tetapi sangat disayangkan acara televisi sekarang telah didominasi dengan acara-acara yang kurang mendidik. Sehingga kita harus selektif dan pintar-pintar memilih acara televisi yang baik untuk kita. 

Pilihlah acara televisi yang mendidik agar pengetahuan anda dapat bertambah pula. Walaupun didominasi oleh acara yang kurang mendidik, tetapi masih ada stasiun televisi yang menayangkan acara yang baik sekaligus mendidik untuk kita tonton.


3. Memainkan game dan olahraga yang mengasah otak





Jika anda suka bermain game, cobalah untuk memilih game yang dapat merangsang otak anda untuk bekerja. Sekarang banyak produsen game membuat game yang dapat mengasah otak. Begitu juga dengan olahraga, seperti catur, panahan, dan tembak menuntut kita untuk fokus dan berkonsentrasi. Seorang olahragawan biasanya dapat berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat sehingga kegiatan ini cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak kita.


4. Melawan rasa takut dan keluarlah dari zona nyaman anda






Terlalu lama di zona nyaman menjadikan anda pribadi yang tidak berkembang dan kemampuan yang anda miliki terbatas. Sebisa mungkin tiap harinya motivasi diri sendiri untuk dapat melakukan hal yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. Lawan rasa takut anda, jangan terlalu lama untuk berpikir. Terlalu lama untuk berpikir hanya akan membuat rasa takut anda semakin besar dan pada akhirnya anda batal untuk melakukan hal tersebut.


5. Pelajari tentang seni dan musik



Tidak ada salahnya anda mempelajari musik dan belajar memainkan salah satu instrumen musik. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan belajar musik dapat menambah tingkat kecerdasan seseorang. Musik digunakan untuk menyeimbangkan kemampuan otak kita. Oleh karena itu, sekarang banyak sekolah yang memasukkan materi musik dalam proses pembelajarannya.

6. Bergaul dengan orang yang pandai 


Berinteraksi dengan orang pandai yang perlu diingat adalah memiliki sifat mau mendengar dan mau untuk belajar dari mereka. Dengan berinteraksi dengan mereka kita akan tahu bagaimana cara pandang dan pola pikir mereka. Hal tersebut dapat memotivasi kita untuk bisa berkembang lebih baik lagi untuk menjadi lawan bicara yang seimbang bagi mereka.

7. Memberikan opini tentang berita terbaru



Memberikan pendapat dapat merangsang otak kita untuk berpikir kritis dalam menanggapi suatu berita. Dengan memberikan pendapat kita juga bisa menambah kemampuan otak dan melatih otak kita agar selalu aktif terus walaupun usia sudah tidak lagi muda.

8. Mengistirahatkan otak





Bukan hanya tubuh yang perlu kita istirahatkan tetapi otak juga perlu kita istirahatkan. Gunakanlah waktu istirahat dengan sebaik-baiknya tanpa memikirkan hal-hal membuat kita tidak tenang alias gelisah. 

Cara efektif untuk mengistirahatkan otak kita adalah dengan tidur, mengistirahatkan otak juga dapat mengembalikan kemampuan otak seperti awalnya sehingga siap kita gunakan lagi untuk berpikir kembali.

9. Mengaplikasikan ilmu yang telah anda pelajari



Dengan mempraktikkan ilmu yang telah kita peroleh, dapat membuat ilmu itu melekat dan tidak akan lenyap dari otak kita walaupun kita masih perlu belajar lagi, cara ini cukup efektif untuk terus mengembangkan kemampuan otak anda.

10. Banyak mengonsumsi makanan yang menyehatkan


Asupan gizi juga memiliki pengaruh untuk meningkatkan kecerdasan kita. Perbanyak makan makanan yang dapat menyehatkan otak kita seperti ikan laut, daging tanpa lemak, sayuran, buah, susu, dan lain sebagainya. Bahan makanan tersebut banyak mengandung senyawa kimia yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang otak kita.