Breaking

Senin, 04 April 2016

Contoh Daftar Riwayat Hidup Atau Curriculum Vitae



Bilhd.com - Dalam pembuatan riwayat hidup yang baik dan benar sebenarnya sangat mudah asalkan anda mengetahui unsur yang terkandung di dalamnya. Terkadang banyak orang yang sering melakukan kesalahan dalam pembuatan daftar riwayat hidup karena hal sepele, bisa disebabkan karena kurangnya informasi atau karena memang malas atau kurang tahu untuk membuat daftar riwayat hidup.

Jadi dengan melihat contoh Daftar Riwayat Hidup disini, mudah-mudahan akan membantu anda dalam pembuatannya. Buatlah secara rapi dan lengkap. Ikuti setiap panduan dan urutannya agar daftar riwayat hidup lebih sempurna.


Memang tak dipungkiri karena beberapa perusahaan biasanya ada format tertentu yang mengharuskan anda menyesuaikan format daftar riwayat hidup anda dengan yang telah mereka buat.

Mungkin disini hanyalah sebagai contoh untuk dikembangkan sendiri, anda tidak perlu bingung dalam membuatnya, Dengan membaca tulisan ini, minimal anda punya gambaran detail mengenai isi daftar riwayat hidup yang akan ada buat atau tulis.




Melamar kerja mungkin saat ini masih menjadi hal yang cukup mendebarkan bagi banyak orang, terutama bagi yang baru pertama kali mengikuti sesi pelamaran. Dari tahun ke tahun persaingan dunia kerja semakin meningkat bahkan bisa dikatakan cukup pesat, tetapi pertambahan jumlah perusahaan ataupun lowongan kerja tidak sama pesatnya dengan jumlah calon pekerja. Jadi mempersiapkan diri dengan matang merupakan langkah yang harus ditempuh untuk memperoleh pekerjaan yang dicita-citakan.




Ada beberapa yang perlu diperhatikan saat anda menulis daftar riwayat hidup diantaranya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tulislah pengalaman-pengalaman penting yang mendukung, jangan terlalu panjang penulisanya dan menurut literature yang ada disarankan tidak lebih dari 4 lembar (idealnya cukup 1 lembar), kemudian pada riwayat pendidikan formal dan non formal ditulis secara detail bisa dimulai dari pendidikan terendah sampai tertinggi atau sebaliknya. 

Anda juga bisa menambahkan riwayat organisasi, riwayat sertifikasi atau lainnya sebagai pelengkap. Hal terakhir yang paling utama adalah tulislah dengan kejujuran anda, tidak ada manipulasi dari daftar riwayat hidup anda sehingga bila hal itu terjadi dan ketahuan maka anda akan sulit dipercaya oleh perusahaan yang pernah anda lamar. Itu sekilas point penting yang perlu anda ketahui dalam membuat atau menulis daftar riwayat hidup.

Untuk lebih jelasnya, silahkan dilihat contoh daftar riwayat hidup di bawah ini :


DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI
Nama Lengkap                          : John Rambo, S. Kom
Tempat, Tanggal Lahir               : Batam, 29 Oktoberl 1999
Jenis Kelamin                             : Laki-Laki
Kewarganegaraan                     : Indonesia
Agama                                       : Katolik
Status                                        : Belum Menikah
Alamat                                       : Jl. Engku Putri No. 1, Batam
No. Telepon                               : 081277000000
Email                                         : john_rambo@gmail.com


PENDIDIKAN FORMAL
1. SD Negeri 1 Jakarta                                : Tahun 1996 - 2002
2. SMP Negeri 1 Jakarta                             : Tahun 2002 - 2005
3. SMK Negeri 1 Jakarta                             : Tahun 2005 - 2008
4. S1 Teknik Komputer Universitas Batam  : Tahun 2008 - 2012

PENDIDIKAN INFORMAL
1. Kursus Komputer dan Jaringan di Batam   : Tahun 2009
2. Kursus Progamming di Batam Progammer : Tahun 2010
3. Basic Language English di Batam               : Tahun 2011

RIWAYAT PEKERJAAN
1. Progamming di PT. Maju Mundur, Batam             : Tahun 2012 - 2013
2. Manager Progamming PT. Maju Mundur, Batam  : Tahun 2013 - 2014
Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.


Batam, 02 Januari 2016


John Rambo, S. Kom

Semoga contoh Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae untuk keperluan lamaran kerja ini bisa dijadikan rujukan dalam membuat daftar riwayat hidup yang benar. Semoga berhasil diterima di perusahaan yang diinginkan dan mendapatkan pekerjaan yang anda harapkan selama ini dan pada posisi yang diimpikan. Semoga berhasil.