Breaking

Sabtu, 23 April 2016

Belajar Main Gitar, Kunci Gitar Lengkap dengan Gambarnya


Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. 

Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat (sumber wikipedia).





Siapa yang belum kenal gitar? Hampir semua masyarakat tahu alat musik ini. Alat musik yang mempunyai 6 senar utamanya ini sangat populer di telinga orang-orang karena hampir semua musik bisa dimainkan dengan gitar, seperti memainkan lagu dan mengiringi lagu.

Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun.

Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. 

Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.

Baiklah sobat pembaca, itu dulu sedikit pengantar dasar sebagai perkenalan arti gitar dan jenis-jenis gitar. Bagi anda yang baru mau belajar bermain gitar ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu jika anda ingin cepat pintar bermain gitar, beberapa hal tersebut adalah :

1. Memiliki gitar sendiri tanpa meminjam

Bagi kamu yang ingin cepat pintar bermain gitar tentunnya kamu harus mempunyai gitar sendiri karena dengan memiliki gitar sendiri tentunya proses belajar anda tidak akan terganggu. Kapan saja mau belajar atau latihan gitar, dengan memiliki gitar sendiri akan sangat membantu. Jadi usahakan anda mempunyai gitar sendiri.

2. Belajar kunci gitar dan menghafalnya

Selanjutnya yang kedua setelah memiliki gitar pengetahuan dasar yang pertama dipelajari adalah mengenal dan belajar kunci gitar dan menghafalnya. Sebagaimana judul tulisan di atas belajar kunci gitar, di bawah penulis akan sajikan kunci gitar lengkap dengan gambarnya yang akan mudah anda pelajari dan fahami. Yaitu kunci dasar gitar mayor dan minor serta kunci kress (#).

3. Potong kuku anda

Jika anda memiliki kuku yang panjang maka potonglah sekarang juga karna itu akan memperlambat proses belajar gitar. Sambil belajar kunci gitar anda bisa langsung praktekkan menekan senar-senar gitar dengan jari-jari kiri anda yang sudah dipotong pendek.

4. Latihlah jari-jari anda
Setelah anda memotong kuku maka lanjutkan dengan senam jari. Nah, senam jari disini adalah melatih atau membiasakan jari-jari kita pada senar gitar. Karena biasanya ketika baru belajar bermain gitar biasanya jari-jari masih terasa sangat kaku dan kalau menekan senar gitar, para pelajar pemula akan terasa sakit pada ujung jari karena belum terbiasa.

5. Belajar sebuah lagu yang anda sukai

Setelah anda selesai belajar kunci-kunci dasar dan latihan jari-jari sudah lancar dan lentur, maka selanjutnya anda sudah bisa belajar memainkan satu buah lagu yang paling anda suka dengan nada-nada dasar. Untuk tahap awal, sebaiknya anda dapat memilih lagu dengan tempo atau irama yang lambat atau lagu slow.

Baiklah, mungkin itu saja dulu hal-hal penting yang perlu anda ketahui dalam proses belajar main gitar dan untuk kunci-kunci dasar gitar silahkan simak dalam uraian berikut ini.


GAMBAR-GAMBAR KUNCI GITAR

Silahkan simak gambar-gambar berikut ini kemudian ikuti penempatan jari-jari atau langkah-langkahnya dengan benar.




Kunci Gitar A Minor

Kunci Gitar A Mayor


Kunci Gitar A 7


Kunci Gitar B Minor


Pada nomor 1 luruskan jari telunjuk anda


Kunci Gitar B Mayor


Kunci Gitar B 7


Kunci Gitar C Minor


Kunci Gitar C Mayor


Kunci Gitar C 7


Kunci Gitar D Minor


Kunci Gitar D Mayor


Kunci Gitar D 7


Kunci Gitar E Minor


Kunci Gitar E Mayor


Kunci Gitar E 7


Kunci Gitar F  Minor


Kunci Gitar F Mayor



Pada nomor 1 pencet kedua senar dengan ujung jari telunjuk anda


Kunci Gitar F 7


Kunci Gitar G Minor


Kunci Gitar G Mayor


Kunci Gitar G 7




Untuk Kunci Gitar Kress # simak gambar berikut :


Kunci Gitar A# Mayor


Kunci Gitar A# Minor 


Kunci Gitar B Mol Mayor


Kunci Gitar B Mol Minor


Kunci Gitar C# Mayor


Kunci Gitar C# Minor


Kunci Gitar D# Mayor


Kunci Gitar D# Minor


Kunci Gitar F# Mayor


Kunci Gitar F# Minor


Kunci Gitar G# Mayor


Kunci Gitar G# Minor



Cukup sekian dulu postingan kali ini seputar pengetahuan dasar atau pengenalan gitar, belajar main gitar, belajar kunci gitar. Semoga dengan adanya artikel di atas dapat membantu anda semua dalam proses belajar bermain gitar. Untuk bahasannya selanjutnya akan kami sajikan dalam edisi berikutnya. Selamat belajar.

Baca juga: