Breaking

Senin, 28 Maret 2016

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Disertai Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap


Bilhd.com -Surat lamaran kerja adalah awal langkah penting dalam dunia kerja. Setiap orang yang sudah bekerja, pada umumnya dimulai dari menulis atau mengetik surat lamaran kerja. 
Banyak contoh surat lamaran kerja yang bisa kita jadikan sebagai dasar menulis atau mengetik. 
Formatnya atau susunannya bermacam-macam, tergantung kita mau pilih yang mana. 

Berikut ini bilhd. com mencoba memberikan contoh surat lamaran kerja yang lazim atau sudah umum dipakai, khususnya di Indonesia.



Surat lamaran kerja yang ditujukan ke perusahaan swasta maupun instansi pemerintah harus singkat, padat dan berisi. Tidak perlu bertele-tele. Perlu diketahui juga, sekarang ini sudah umum setiap perusahaan atau instansi pemerintah kalau ada lowongan pekerjaan biasanya sudah mengarahkan dan membuat format surat lamaran tersendiri untuk para kandidat yang mau melamar. Kita hanya perlu mengikuti apa yang diminta sesuai keinginan mereka yang merekrut. 
Pihak perusahaan menjadikan surat lamaran kerja sebagai penilaian paling awal untuk mencocokkan posisi yang kosong dengan kemampuan atau kualifikasi yang dimiliki pelamar. Kalau kualifikasi kita memenuhi kriteria yang mereka syaratkan, mereka selanjutnya akan membaca daftar riwayat hidup atau CV kita. 
Jika CV kita memang oke, berarti ada kemungkinana mereka akan mengundang kita untuk proses wawancara. Kurang lebih, seperti itulah proses yang dilakukan perusahaan untuk menyeleksi dan menerima calon karyawan baru.


Jadi sebaiknya, buatlah surat lamaran kerja sebaik mungkin, karena surat lamaran kerja kita juga merupakan gambaran atau reprentasi dari diri kita. Dari surat lamaran yang kita buat, orang biasa menilai seperti apa watak dan sifat kita. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh-contoh surat lamaran berikut ini.



Contoh Surat Lamaran Kerja 1

                                                                     Jakarta, 02 Januari 2016
Hal: Lamaran Pekerjaan
                                                                             Kepada Yth.
                                                                 Bapak/Ibu Manajer Personalia
                                                                 PT. Selayang Pandang
                                                                 di-
                                                                         Jakarta Pusat


Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Selayang Pandang, seperti yang dimuat di harian Koran  Kompas tanggal 01 Januari 2016. Sehubungan dengan lowongan tersebut, saya ingin mengajukan diri untuk dapat bergabung ke dalam tim Finance and Accounting di PT. Selayang Pandang.

Berikut ini adalah biodata saya:
Nama                            : John Rambo
Tempat/Tanggal Lahir   : Batam, 12 Mei 1991
Pendidikan Terakhir      : Akuntansi (S1)
Alamat                          : Jl. Engku Putri No. 1, Batam
Telepon                         : 081270007000
Email                            : rambo_john@gmail.com
Saat ini saya dalam kondisi kesehatan yang prima, saya mampu berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Nilai yang saya dapatkan saat mengikuti kuliah sangat memuaskan, serta memiliki kemampuan komunikasi dan leadership yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan komputer, mengoperasikan MS Office, seperti Excel, Word, PowerPoint, berselancar di internet, maupun korespondensi dalam Bahasa Inggris.
Posisi saya saat ini adalah sebagai staff marketting pada PT. Maju Mundur. Saya dapat bekerja dalam tekanan, dan mampu bekerja mandiri maupun tim dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, turut saya lampirkan:
1.      Daftar Riwayat Hidup.
2.      Photo copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3.      Photo copy sertifikat kursus/pelatihan.
4.      Pas photo berwarna 3x4 .
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia  memberikan kesempatan kepada saya untuk sesi wawancara dengan perusahaan Bapak/Ibu pimpin, sehingga perusahaan bisa lebih mengenal saya.
Demikian surat lamaran ini saya kirimkan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.



                                                                                   Hormat saya,


                                                                                 (John Rambo)

Contoh Surat Lamaran Kerja 2

Jakarta, 02 Januari 2016
Hal: Lamaran Pekerjaan
Yth. Bapak/Ibu Manager Personalia
Di Tempat
Dengan hormat,
Berdasarkan iklan lowongan kerja yang saya peroleh melalui internet bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan Digital Marketing Executive, maka dengan ini saya bernama lengkap John Rambo lulusan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dunia Maya tahun 2015, bermaksud mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk dapat ditempatkan sesuai kualifikasi saya.
Saya adalah pemilik toko online yang menguasai beberapa teknik online marketting, antara lain search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), dan email marketting. Saya amat suka belajar dan mengeksplorasi hal-hal baru.
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan Curriculum Vitae (CV) serta foto terbaru sebanyak 1 lembar.
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan harapan Bapak/Ibu dapat menerima saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.
Hormat saya,
(John Rambo)


Contoh Surat Lamaran Kerja 3 (Via Email)

Contoh surat lamaran  jika surat lamaran dikirimkan melalui email.



Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya kesempatan kerja pada PT. XYZ, maka saya berminat mengajukan lamaran untuk posisi Art Director.
Saat ini saya berusia 23 tahun,belum menikah, dan merupakan lulusan S1 dari  Fakultas Seni dan Sastra, Universitas Entah Berantah dengan IPK 3,20. Saya memiliki pengalaman kerja paruh waktu di Pinang Agency sejak 2013 sampai dengan Mei 2015 sebagai fotografer.
Selain itu, saya juga memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari hal-hal baru,mau bekerja keras dan minat untuk berinteraksi dengan orang lain serta dapat bekerja sama dalam tim maupun bekerja secara mandiri.Sebagai bahan pertimbangan selanjutnya saya lampirkan Daftar Riwayat Hidup, scan Ijazah, scan transkrip, scan Kartu Tanda Penduduk, dan pas photo terbaru.
Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kesempatan  yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih.


(John Rambo)

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat surat lamaran, coba perhatikan beberapa tips berikut agar surat lamaranmu menarik bagi yang menerima.
1. Jangan lupa lampiran-lampirannya.



Hal yang juga sagat penting saat melamar adalah lampirannya, Jangan sampai ada yang terlupa, photo copy ijazah, transkrip nilai, photo copy identitas, daftar riwayat hidup atau curriculum vitae/CV dan pas photo lampirkan semua dan susun dengan rapi dalam sebuah amplop.
2. Buat cover surat yang amat menarik
Setiap perusahaan mempunyai tugas dan pekerjaan yang sangat banyak, sehingga mereka akan sibuk memikirkan pekerjaannya masing-masing. Maka buatlah cover surat lamaranmu semenarik mungkin. Misalnya, dengan tulisan dan desain kertas yang tidak biasa.
3. Masukkan hal-hal yang paling penting
Sesuaikan surat lamaran dengan apa yang ingin perusahaan ketahui tentang kamu. Bukan apa yang kamu inginkan dari mereka. Karena apa yang perusahaan itu ketahui akan membawa nasibmu pada pekerjaan yang akan kamu dapat. Yakinkan pihak perusahaan dengan kemampuanmu di bidang pekerjaan yang kamu mau, lalu pastikan bahwa kamu akan menjadi aset bagi perusahaan mereka. Kemudian, hindari penulisan yang bertele-tele dan jangan sampai suratmu lebih dari satu halaman.
4. Jangan lupakan struktur baku
Struktur surat harus lengkap dan berurutan. Pertama, sertakan paragraf pembuka, menyebutkan sumber lowongan pekerjaan dan posisi yang diinginkan. Paragraf selanjutnya, menyebutkan kesanggupanmu untuk melakukan pekerjaan tersebut. Kamu harus meringkas kualifikasimu yang berisi kemampuan, keterampilan, dan pengalaman. Paragraf selanjutnya tentang ketertarikanmu pada pekerjaan tersebut, dan diakhiri dengan paragraf penutup, sekaligus penyertaan lampiran-lampiran.
5. Buatlah seringkas dan sepadat mungkin
Sudah dibahas di atas, tapi perlu ditekankan lagi pentingnya membuat surat yang pendek. Perusahaan bisa menerima hingga ratusan surat lamaran setiap harinya. Permudah pekerjaan mereka dengan membuat surat lamaran yang ringkas namun padat. Untuk detail, mereka akan melihat CV kamu.
6. Cek kembali
Sebelum kamu mengirimkan surat lamaran, cek kembali segala kelengkapan dan bahasa yang digunakan. Jangan sampai ada salah ketik atau salah ejaan apalagi salah informasi. Surat lamaran kerja yang memiliki kesalahan ketik menunjukkan bahwa sang pelamar tidak perhatian akan hal-hal kecil. Sebuah nilai minus yang merugikan kita.
Pada dasarnya, walaupun format contoh surat lamaran kerja di atas berbeda-beda, namun hal pokok yang harus diperhatikan adalah bagian isi. Cantumkan keahlian dan kemampuan yang dipunyai, hal itulah yang akan dilihat dan dipertimbangkan HRD atau Personalia. Semoga contoh-contoh ini bisa membawa kamu ke proses berikutnya, yaitu wawancara, dan akhirnya membawamu ke dunia pekerjaan yang kamu inginkan, Selamat mencoba dan berjuang.