Breaking

Minggu, 27 Maret 2016

Contoh Format atau Susunan Makalah yang Benar



Contoh Format Makalah yang Benar



Bilhd.com - Membuat makalah yang benar memang diperlukan keahlian khusus dari seorang penulisnya. Kebanyakan siswa ataupun mahasiswa masih memakai jasa orang lain untuk pembuatan makalah. 

Hal ini terjadi karena yang bersangkutan tidak mau repot, ada juga karena sebagian orang tidak punya panduan dalam menulis makalah. 
Ada baiknya dengan membaca artikel ini mulai sekarang sobat-sobat siswa atau mahasiswa akan lebih kreatif dengan membuat makalah sendiri. 

Banyak sisi positif yang bisa didapatkan dengan membuat makalah sendiri, sebut saja penghematan anggaran pengeluaran. Keuntungan yang tak kalah pentingnya adalah para sobat pastinya mendapatkan tambahan pengetahuan yang tak ternilai harganya.



Dalam artikel yang berjudul Contoh Format Makalah Yang Benar ini, bilhd.com akan memberikan contoh susunan atau format makalah yang benar dan lengkap sebagai bahan panduan pembuatan makalah. Membuat makalah yang baik dan benar harus diperhatikan sistematika penyusunan makalah, karena harus tersusun rapi dan sistematis dari awal sampai penutup. Susunan makalah yang paling umum dipakai dalam pembuatan makalah adalah seperti di bawah ini. 

SUSUNAN MAKALAH YANG BENAR

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

HALAMAN DAFTAR ISI

BAB I : PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Dalam Latar Belakang Makalah ini berisi tentang alasan pemilihan judul atau tema dalam pembuatan paper/makalah.

1.2. TUJUAN

Untuk tujuan makalah berisi tentang tujuan yang akan dicapai dengan pembuatan paper/makalah.

1.3. RUANG LINGKUP MATERI

Ruang Lingkup Makalah berisi tentang ilmu atau teori yang berkaitan dengan tema yang diambil dalam makalah/paper.

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Untuk Landasan Teori Makalah berisi tentang pembahasan dan penelitian tentang ilmu ataupun teori yang sudah pernah dibahas oleh para ahli berkaitan dengan tema makalah/paper yang dipilih. Materi yang dibahas secara teoritis dikaitkan dengan aplikasi praktis teori/ilmu tersebut dalam kenyataan kehidupan keseharian.

Untuk menuliskan teori yang diambil dari para ahli jangan lupa mencantumkan nama, tahun atau buku yang pernah memuat teori tersebut. Sehingga sumber/nara sumbernya jelas dan tidak diragukan. Kalau membuat kutipan harap mencantumkan pula halaman di mana kutipan tersebut diambil.

BAB III : PEMBAHASAN

Untuk Isi dari Pembahasan makalah berisi tentang data yang diperoleh di lapangan/kenyataan dan dikaitkan dengan ilmu atau teori yang sudah ada. Jika ada kesesuaian dibahas lebih lanjut dan dapat pula dimasukkan pendapat pribadi yang berkaitan erat dengan tema/usulan/saran/gagasan/ide.

Jika memang ditemukan ketidaksesuaian antara teori atau ilmu yang sudah ada dengan kenyataan di lapangan, hal ini juga perlu dibahas untuk melihat mengapa hal ini dapat terjadi. Dapat pula dimasukkan pendapat pribadi berkaitan erat dengan tema/usulan/saran/gagasan/ide sehingga antara kenyataan dengan ilmu yang ada, baik yang ada hubungannya maupun tidak, dapat dijelaskan dengan baik dan rinci.


BAB IV : PENUTUP

4.1. KESIMPULAN

Untuk Kesimpulan Makalah berisi tentang simpulan akhir dari pembahasan yang sudah dibuat. Penulisan kesimpulan singkat dan jelas, tidak panjang seperti pembahasan.

4.2. USUL DAN SARAN

Untuk Saran Makalah dapat juga dimasukkan usulan dan saran dari penulis yang berkaitan dari isi makalah.

DAFTAR PUSTAKA

Untuk Daftar Pustaka Makalah Berisi seluruh sumber yang digunakan dalam pembuatan makalah/paper. Daftar pustaka berupa buku, surat kabar, majalah, informasi dari situs internet dan lain-lain. Penulisannya secara lengkap dan mengikuti kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

LAMPIRAN

Untuk Lampiran Makalah berisi seluruh gambar/foto ataupun grafik atau juga data yang mendukung dalam pembuatan makalah. (Lampiran ini tergantung kepada guru atau dosen masing - masing artinya boleh ada dan boleh tidak)


Format Ukuran Kertas dan Sampul Pembuatan Makalah
a. Kertas : A4
b. Sampul : Kertas Buffalo warna Kuning
c. Font : Times New Roman
d. Size : 12
e. Spasi : 1,5
f. Margin

  • Atas     : 4 cm
  • Bawah : 3 cm
  • Kiri      : 4 cm
  • Kanan  : 3 cm

g. Makalah ditulis minimal 10 halaman belum termasuk halaman Judul, Daftar Isi, Lampiran, dan
    Daftar Pustaka.

h. Nomor Halaman

- Letak di kanan atas
- Angka i,ii,iii,dst. Mulai dari kata pengantar sampai dengan sebelum Bab Pendahuluan.
- Angka 1,2,dst. Mulai dari Pendahuluan sampai dengan akhir.

Demikian artikel tentang Contoh Format Makalah yang Benar, Dan jangan lupa sobat-sobat semua, selain sistematika para sobat juga harus memperhatikan nilai estetika. Yang terakhir. dan tak kalah pentingnya adalah perhatikan penggunaan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan acuan untuk pembuatan makalah anda.