Breaking

Selasa, 29 Maret 2016

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris



Bilhd.com -"Banyak jalan menuju Roma". Peribahasa yang punya makna sangat luas dan dalam. Pembaca mungkin bertanya-tanya apa hubungan peribahasa ini dengan cara cepat belajar Bahasa Inggris? Sebenarnya peribahasa ini tiba-tiba saja muncul dipikiran Bilhd.com ketika mencoba membaca artikel-artikel cara cepat belajar Bahasa Inggris dari berbagai sumber-sumber yang ada.

Kesimpulan saya adalah bahwa belajar Bahasa Inggris bukanlah belajar ilmu pasti atau belajar matematika. Belajar ada proses, butuh waktu tidak boleh instant.

Belajar Bahasa Inggris sebenarnya tidak perlu karena target, misalnya karena saya mau kuliah di luar negeri jadi saya harus giat belajar Bahasa Inggris, tidak.

Bahasa Inggris sudah merupakan keharusan, Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional, dimana-mana selalu bahasa Inggris. Dari teknologi sampai permen semuanya bahasa Inggris. Sungguh dilema kalau tidak menguasai bahasa Inggris, terlalu banyak kerugian yang kita alami karena keterbatasan kita dalam bahasa Inggris. Dan mustahil juga apabila ini semua bisa kita lakukan dalam satu hari.

Jadi jika ingin berhasil belajar Bahasa Inggris, kita harus punya niat dan keinginan yang kuat. Tanamkan motivasi dalam diri kita, bahwa dengan menguasai bahasa Inggris akan banyak keuntungan yang dapat kita peroleh.

Baiklah sobat pembaca semua, pengantar di atas sebenarnya adalah realita, keadaan nyata yang memang sudah kita alami saat ini. Banyak pengalaman dari teman-teman yang bisa kita ambil hikmahnya. Salah satu contoh, Bilhd.com punya teman yang sudah mahir bahasa Inggris. Awalnya teman saya itu tidak tahu atau kurang fasih berbahasa Inggris. Pendidikan S1-nya dia selesaikan di Indonesia. Pendidikan S2 dan S3-nya diluar negeri. Dia bercerita, bagaimana dia menyelesaikan S2-nya dengan kemampuan bahasa Inggrisnya yang sangat minim. Sementara semua buku, bahan kuliah dan diktat semuanya bahasa Inggris. Dia ceritakan, mau pulang kembali ke Indonesia tidak mungkin. Satu-satunya cara yang harus ditempuh dan tak boleh ditawar lagi yaitu harus belajar dan menguasai Bahasa Inggris. Akhir cerita setelah selesai S2 kemudian dia melanjutkan pendidikannya ke jenjang S3 di luar negeri juga. Dan sekarang berprofesi sebagai dosen mata kuliah Statistik di salah satu PTN di tanah air.




Ini mau cerita atau mau belajar Bahasa Inggris ya? Maaf sobat-sobat pembaca, berikut ini saya akan menulis tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris. Ini menurut pengalaman saya tentunya. Kalau masih kurang, masih banyak lagi yang bisa kita ketahui dari sumber-sumber lainnya yang bisa diterapkan.

1. Tumbuhkan rasa suka dan cinta terhadap Bahasa Inggris








Menurut saya, rasa suka dan cinta ini dulu yang paling perlu kita tanamkan dalam hati dan diri kita. Percayalah, segala sesuatu yang kita mulai dengan rasa suka dan cinta pasti akan berbuah manis, akan berhasil. Jangan pernah beranggapan bahwa belajar Bahasa Inggris itu merupakan beban. Setuju?

2. Berusaha cari tahu Bahasa Inggris setiap benda yang kita lihat.




Cara ini akan menambah perbendaharaan kosa kata atau vocabulary setiap hari. Dengan sendirinya cara ini telah membuat kita belajar dari hari ke hari. Ketahui penulisannya bagaimana, dan bagaimana melafalkannya. Jujur saja di rumah kita sendiri, masih banyak benda-benda atau peralatan yang kita tidak tahu apa bahasa Inggrisnya, padahal setiap hari mungkin kita menggunakannya.

3. Jangan takut salah



Berusahalah untuk mempraktekkan, atau mengucapkan setiap kata dalam bahasa Inggris. Dimulai dari suku kata hingga membentuk kalimat. Baca daily conversation (percakapan sehari-hari) dan lapalkan. Misalnya percakapan perkenalan pertama, saat berlibur, saat berada di tempat kerja, dll. Usahakan diucapkan dengan vocal yang jelas, jangan di dalam hati. Tidak terdengar, nantinya jadi pasif. Pengalaman kalau hanya pasif, pada saat kita harus mengeluarkan suara mau berbicara sama orang asing yang berbahasa Inggris suara kita tidak bisa keluar. Grogi. Jadi sebaiknya beranikan diri, walaupun salah, ala bisa karena biasa.

4. Pelajari Grammar




Grammar atau Tata Bahasa adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang tata cara penyusunan kata untuk menjadi sebuah kalimat yang tepat. Atau dengan kata lain Grammar adalah sebuah aturan struktural yang mengatur susunan klausa, frase dan kata-kata. Cocokkan kalimat bahasa Inggris yang kita ucapkan dengan Tata Bahasa Inggris. Kalau belum pas, jangan malu. Hari esok pasti lebih baik daripada hari ini.

5. Dengarkan lagu bahasa Inggris

Dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, kita sudah belajar listening. dan usahakan setiap kata atau kalimat yang kita dengarkan sebisa mungkin terjemahkan artinya. Karena lirik lagu sangat berbeda dengan percakapan sehari-hari.

6. Kamus dan Internet




Bawa atau download Kamus agar dapat dipakai bila menemukan kata yang masih belum dimengerti. Gunakanlah sebaik-baiknya kecanggihan teknologi seperti penggunaan ponsel, komputer, laptop, ataupun smartphone untuk dijadikan media belajar yang mudah dan tidak membosankan. Silahkan setting bahasa perangkat anda dalam bahasa Inggris, lambat laun kita akan terbiasa.

Demikian tulisan saya yang bisa saya bagi dengan sobat pembaca. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membaca. Belajarlah bahasa Inggris terus-menerus secara berkelanjutan. Semoga sukses menyertai anda.